Apa satu-satunya permainan di dunia yang memiliki anak-anak, remaja hip, ibu sepak bola setengah baya, eksekutif bisnis, dan pensiunan senior yang semuanya terpaku pada smartphone, tablet, dan PC mereka? Kecuali Anda telah hidup di bawah batu selama dua tahun terakhir, jawabannya pasti Angry Birds yang gemilang. Dengan lebih dari setengah juta unduhan di seluruh dunia pada bulan November 2011, ini adalah game yang tampaknya semua orang, di mana-mana sedang diputar.

Premisnya sederhana. Babi hijau kecil telah mencuri telur dari sekelompok burung kecil berwarna-warni. Tentu saja, pelanggaran itu membuat marah burung-burung tak bersayap dan berbentuk tidak alami ini. Sebagai tanggapan, burung-burung mencari pembalasan mereka dengan melontarkan diri mereka pada babi. Tersembunyi di balik berbagai struktur, babi mati-matian mencoba melindungi diri, bahkan tertawa ketika seekor burung gagal mencoba untuk menjatuhkan tempat persembunyian mereka.

Dari sudut pandang pemain, permainan ini tampak cukup sederhana. Ide melontarkan burung-burung kecil pada struktur yang terbuat dari es, batu, kayu, dan bahan-bahan lain memberikan gagasan bahwa permainan ini terlalu sederhana. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Bahkan, menghancurkan struktur untuk sampai ke babi adalah bagian dari teka-teki. Kemunculan kemudahan adalah bagian dari daya tarik permainan, memberi makan kecanduan gamer. Lempar snortsy dan cekikikan babi hijau menyinggung, dan pemain tidak bisa tidak ingin melihat ke kematian babi.

Permainan, seperti kebanyakan game teka-teki, didasarkan pada level. Pemain harus menghancurkan semua babi pada level tertentu sebelum membuka level berikutnya. Tingkat menjadi semakin sulit, tetapi lebih banyak burung juga tersedia. Beberapa burung memiliki keahlian khusus. Burung kecil biru kecil dapat berkembang biak menjadi tiga burung hanya dengan satu ketukan. Bulat burung hitam kecil dapat menahan nafas mereka sampai berubah merah dan meledak, meningkatkan kekuatan destruktif mereka.

Meskipun lebih banyak burung dengan berbagai keterampilan menjadi tersedia, babi juga mendapatkan keuntungan seiring berjalannya level. Babi yang lebih besar dapat mengambil lebih banyak kerusakan, sementara babi dengan helm menawarkan tantangan lain untuk burung. Siapa yang akan pernah berpikir bahwa aplikasi permainan sederhana, yang menampilkan burung-burung pemarah dan tak bersayap yang ditembakkan dari sling shot, akan menjadi kegilaan di seluruh dunia? Ada apa dengan Angry Birds yang membuat game ini begitu adiktif? Tanyakan siapa saja yang pernah memainkan game dan jawabannya kemungkinan akan menjalankan keseluruhan. Singkatnya, Anda cukup memainkan permainan untuk memahami betapa luar biasanya kecanduannya. Hanya ada sesuatu tentang melempar burung-burung itu dan melihat babi hijau kecil itu pergi!

Sejak dirilis pada tahun 2009, Angry Birds telah berkembang dari aplikasi game gratis untuk iPhone, ke salah satu aplikasi game yang paling banyak diunduh di dunia. Permainan ini sekarang tersedia untuk iPhone, iPad, tablet, ponsel Android, dan bahkan PC. Pada bulan Januari 2011, Apple mendaftarkan Angry Birds sebagai aplikasi iPhone berbayar keempat yang paling banyak diunduh sepanjang masa, hanya diakhiri oleh Doodle Jump, Tap Tap Revenge 3, dan Pocket God.

Permainan yang sangat adiktif telah mengambil Rovio, pengembang Angry Birds, dari perusahaan yang hampir bangkrut hanya dengan 12 karyawan, hingga kerajaan jutaan dolar dengan lebih dari 150 karyawan hanya dalam dua tahun yang singkat. Rencana masa depan termasuk versi untuk beberapa konsol game populer. Sudah permainan menawarkan tiga versi, termasuk Angry Birds asli, Angry Birds Seasons, dan Angry Birds Rio. Edisi untuk edisi Musim termasuk rilis terbaru, Ham’o’ween, serta versi untuk Hari Valentine, Natal, Hari St. Patrick, dan banyak lagi. Angry Birds Rio adalah hubungan langsung dengan film hit, Rio. Premis permainan ini adalah bahwa Angry Birds asli ditangkap dan diambil bertentangan dengan keinginan mereka ke Rio de Janeiro, di mana mereka bekerja sama dengan karakter Rio yang terkenal.

Popularitas yang semakin meningkat dan sifat adiktif yang menurun dari permainan telah melahirkan seluruh lengan merchandising untuk pengembang Rovio. Boneka mainan, tas ponsel, tas, dan barang-barang baru lainnya tersedia untuk penggemar Angry Birds yang mati kencang. Pakaian, topeng burung, dan bahkan perlengkapan sekolah lebih lanjut memperluas barang-barang Angry Birds yang tersedia. Bahkan ada desas-desus tentang film panjang, kartun Sabtu pagi dan ekspansi lainnya.

Jadi, apa tentang Angry Birds yang membuat semua orang sangat kecanduan bermain game? Apakah ada psikologi rahasia di balik melontarkan burung-burung yang irasional pada babi kecil yang snarky? PC Magazine menerbitkan sebuah cerita pada awal tahun 2011 dengan penelitian menarik dari Ask Your Target Market, sebuah perusahaan riset pemasaran yang didirikan oleh David Handel dan Lev Mazin. Menurut AYTM, lebih dari 80 persen pemain melaporkan kecanduan Angry Birds. Meskipun kecanduan, lebih dari 75 persen pengguna mengatakan mereka tidak memiliki rencana untuk menghapus game dari perangkat mereka.